Prosedur Tata Cara Pengaduan

Pengadilan Agama Serang Kelas I A

Prosedur Pengaduan

Written by Super User on .

Written by Super User on . Hits: 51

Prosedur Pengaduan


Prosedur ini menjelaskan tentang materi pengaduan serta syarat dan tata cara penyampaian pengaduan.

PROSEDUR :
Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Pelanggaran terhadap kode etik dan/atau pedoman prilaku hakim;

2. Penyalahgunaan wewenang/jabatan;

3. Pelanggaran sumpah jabatan;

4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin pegawai negeri sipil atau peraturan disiplin militer.

5. Perbuatan tercela, yaitu perbuatan amoral, asusila, atau perbuatan yang tidak selayak nya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan,maupun selaku anggota masyarakat;

6. Pelanggaran hukum acara, baik dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;

7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;

8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN

A. Disampaikan secara tertulis

1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingakat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh pelapor;

2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untukmenyampaikan pengaduanya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Mahkamah Agung. Meskipun demikian, pengaduan yang tidak menggunakan formulir khusus bukti.

3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus


B. Menyebutkan Informasi yang jelas

1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi mengenai :

a. Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau Pengadilan tempat Terlapor bertugas;

b. Perbuatan yang dilaporkan;

c. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan

d. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat di mintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan pelapor.

2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya, namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitasnya akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.


C. Tata Cara Pengaduan

    I. Secara lisan

1. Melalui telepon : (0254)212334 atau Whatsapp : +6281225164116yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB
2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Serang.

 II. Secara tertulis

1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Serang, dengan cara diantar langsung dikirim melalui Fax : (0254)211856, atau melalui pos ke alamat kantor di :  Jl. KH. Abdul Hadi No. 29 Keluarahan Cipare, Serang-Banten. 42117
2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan. Pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata PENGADUAN pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.
3. Melalui Aplikasi SIWAS Mahkamah Agung yang bisa diakses melalui tautan https://siwas.mahkamahagung.go.id/


| Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Serang
Jl. KH. Abdul Hadi No. 29
Keluarahan Cipare, Serang-Banten
 
Telepon. (0254) 212-334
Fax. (0254) 211-856
Website : www.pa-serang.go.id
IG : @pengadilanagamaserang
Whatsapp : +6281225164116

maps1 Lokasi Kantor