Pengadilan Agama Serang Kelas I A

Written by Super User on . Hits: 101

Diskusi Hakim Perempuan Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten Tahun 2022, PA Serang Delegasikan 7 Hakim Perempuan


 

WhatsApp Image 2022 11 12 at 16.42.46

 

Serang, PAS – Jum’at (11/11/2022) telah diselenggarakan kegiatan Diskusi Hakim Perempuan Se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten Tahun 2022 dengan tema "Implementasi PERMA No.3 Tahun 2017 tentang Pedoman mengadili perempuan berhadapan dengan Hukum". Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banten, kegiatan dimulai tepat pada pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini diikuti sebanyak 29 peserta yang terdiri dari 5 orang Hakim Tinggi perempuan dan 24 orang Hakim Perempuan dari Pengadilan Agama se-wilayah PTA Banten. Adapun PA Serang mendelegasikan 7 Orang Hakim Perempuannya.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua PTA Banten, YM. Dr. Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya menata eksistensi hakim perempuan agar berperan meningkatkan perlindungan terhadap kaum perempuan berhadapan dengan hukum. “Selain itu, dengan adanya diskusi ini diharapkan dapat memberikan porsi yang lebih luas kepada kaum perempuan Indonesia dari pelaksanaan tatanan hukum yang berkaitan dengan kaum perempuan” ujarnya.

Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan Diskusi Hakim Perempuan adalah Dra. Hj. Sitti Ma‘ani Nina, M.Si selaku Kepala DP3AKKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Provinsi Banten dan Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Dr. Andriani Nurdin, S.H., M.H.

 

Capture

 

Dalam paparannya Dr. Andriani Nurdin, S.H., M.H. menyampaikan fakta bahwa di tahun 2022, terdapat 20% Hakim Ketua pada tingkat pertama Pengadilan Agama adalah perempuan (83 dari 413) dan 28% Hakim Pengadilan Agama adalah perempuan (763 dari 2714). Menurut beliau perlu dibentuk komisi gender untuk melembagakan perspektif gender dalam administrasi peradilan, yang akan memungkinkan anggota mereka untuk berpartisipasi dalam desain program untuk modernisasi dan reformasi sistem peradilan dan layanan penuntutan dan untuk menciptakan kondisi bagi partisipasi perempuan di sektor peradilan.

Adapun materi yang disampaikan Dra. Hj. Sitti Ma‘ani Nina, M.Si adalah tentang3 (tiga) issue utama terkait Hak-Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian. Antara lain Pembebanan akibat cerai kepada suami tanpa pengajuan eksekusi dalam perkara Cerai Talak yang diputus Verstek, Pemotongan sebagian gaji PNS pria untuk mantan istri dan anak, serta Eksekusi terhadap hak-hak Istri dan Anak pasca perceraian dalam perkara Cerai gugat. Acara ditutup tepat pada pukul 15.00 WIB.


Anda Merasa Dirugikan Atas Pelayanan Pegawai Kami??

LAPORKAN Melalui Menu Berikut :

 
siwas gol logo benturan lapor badilag banner lapor
Lapor Pengaduan Lapor Gratifikasi Benturan Kepentingan Lapor Keluhan Pelayanan Lapor

PENANGGUNG JAWAB PENGADUAN : Hj. AFIAH, S.Ag

 

| PENGADILAN AGAMA SERANG, PAS, BERSIH & MELAYANI

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Serang
Jl. KH. Abdul Hadi No. 29
Keluarahan Cipare, Serang-Banten
 
Telepon. (0254) 212-334
Fax. (0254) 211-856
Website : www.pa-serang.go.id
IG : @pengadilanagamaserang
Whatsapp : +6281225164116
E-mail Tabayun PA Serang :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor