Anda Sudah Mendaftar, Pantau Proses Perkara Anda.! Cek Disini

logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Hitung Biaya Perkara Anda.!
Dengan E-Panjar anda bisa memperkirakan biaya proses dalam berperkara, hitungan biaya perkara berdasarkan jarak tempat tinggal anda sesuai Kartu tanda Penduduk (KTP) atau tempat domisili anda. Klik Sekarang Juga.!

BBM Perkara ( Blackbery Masenger Perkara )
Tanyakan Proses Perkara anda melalui BBM Perkara, Layanan ini akan membantu anda dengan cepat, efesien & efektif, invite sekarang juga.!

Fokus Pengumuman

Artikel / Makalah Hakim

Berita Terkini

Pembinaan SAPM, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten Di Penghujung Tahun

Ruang sidang utama Pengadilan Agama Serang pagi, tanggal 11 Desember 2017, sudah dipenuhi oleh seluruh pimpinan, hakim, para pejabat struktural dan fungsional serta para pegawai  Pengadilan Agama Serang dalam rangka mengikuti Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, Drs. H. Ahmad., S.H.,M.H.,  terkait Standar Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM) Peradilan Agama.  Beliau hadir bersama Drs. H. Muhammad, S.H.,M.H. (Hakim Tinggi Pengawas PTA Banten). Dalam pembinaan kali ini salah satunya juga disampaikan hasil Pembinaan dari Ketua Mahkamah

Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, yang telah Beliau utarakan pada acara Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan kepada 4 (empat) Lingkungan Peradilan yang telah dilaksanakan tanggal 28-29 November 2017  di Makassar lalu.  Di awal pembinaan Beliau mengungkapkan, “Menurut yang dianut Mahkamah Agung, tidak ada kopral yang salah, yang salah adalah jenderal”, sebab itulah Beliau merasa perlu adanya Pembinaan yang rutin dan selalu melakukan sosialisasi mengenai hal-hal yang telah diperbarui serta senantiasa saling mengingatkan  akan akhlak serta perilaku yang  baik kepada seluruh warga Peradilan. Beliau menekankan bahwa SIPP versi 3.2.0 sudah harus diupdate  sebelum 1 Januari tahun 2018. Selanjutnya, perihal  SAPM, tidak dapat ditawar-tawar lagi. Di awal tahun 2018, sejumlah satker Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Banten akan meningkatkan kesiapan Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu (SAPM), yaitu Pengadilan Agama Serang, Pengadilan Agama Pandeglang, Pengadilan Agama Tigaraksa, Pengadilan Agama Rangkasbitung dan termasuk di dalamnya Pengadilan Tinggi Agama Banten. Sertifikasi akreditasi penjaminan mutu ini harus dimiliki oleh setiap Pengadilan, baik Pengadilan Umum, Agama, Militer dan Tata Usaha Negara, juga sebagai penilaian bagi para pimpinan Pengadilan dalam promosi dan mutasi.

Pembinaan dilanjutkan  oleh Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Banten, H. Muhammad, yang telah  menjadi Ketua Tim di dalam tim Assesor PTA Banten dalam pendampingan untuk pencapaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Cilegon dan Pengadilan Agama Tangerang, yang telah berhasil meraih predikat A Excellent. Beliau menyampaikan poin-poin terkait SAPM, di antaranya tujuan SAPM, salah satunya mewujudkan keseragaman untuk tugas pokok dan SOP di Peradilan serta mewujudkan badan peradilan yang agung ini bersih dan memiliki pelayanan prima. Ini sesuai tujuan blue print MA tahun 2010-2035. Selanjutnya, beliau paparkan capaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu tahap I meliputi, 5 Pengadilan Tinggi dengan Akreditasi A; 3 Pengadilan Tinggi dengan Akreditasi B; 107 Pengadilan Negeri dengan Akreditasi A; 38 Pengadilan Negeri dengan Akreditasi B; 82 Mahkamah Syariah / Pengadilan Agama dengan Akreditasi A; 16 Mahkamah Syariah / Pengadilan Agama dengan Akreditasi B; 1 Pengadilan Militer dengan Akreditasi A; 4 Pengadilan Militer dengan Akreditasi B; 2 Pengadilan Tata Usaha Negara dengan Akreditasi A; 3 Pengadilan Tata Usaha Negara dengan Akreditasi B  (Humas). Semoga sege­nap aparatur Pen­gadi­lan Agama Serang mem­pun­yai satu semangat, satu tekad dan satu komit­men bersama untuk bek­erja lebih pro­fe­sional dalam melak­sanakan tugas­nya masing-masing guna mencapai Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dengan predikat A excellent.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara ( sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi