Anda Sudah Mendaftar, Pantau Proses Perkara Anda.! Cek Disini

logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Hitung Biaya Perkara Anda.!
Dengan E-Panjar anda bisa memperkirakan biaya proses dalam berperkara, hitungan biaya perkara berdasarkan jarak tempat tinggal anda sesuai Kartu tanda Penduduk (KTP) atau tempat domisili anda. Klik Sekarang Juga.!

BBM Perkara ( Blackbery Masenger Perkara )
Tanyakan Proses Perkara anda melalui BBM Perkara, Layanan ini akan membantu anda dengan cepat, efesien & efektif, invite sekarang juga.!

Fokus Pengumuman

Artikel / Makalah Hakim

Berita Terkini

Kunjungan Tim AIPJ (Australia Indonesia Partnership For Justice) Pantau Pelaksanaan Sidang Terpadu Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT)

Tepat pukul 08.45, rombongan sidang terpadu tiba di yayasan pendidikan Islam Al Hamidiyah, Pabuaran, Kabupaten Serang. Jum’at, 03 November 2017 adalah hari pelaksanaan Sidang Terpadu untuk lokasi kecamatan Pabuaran. Ada yang berbeda dari rombongan tim sidang terpadu kali ini. Selain kehadiran dari tim Pengadilan Agama Serang, tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Serang dan tim dari Kantor Urusan Agama kecamatan Pabuaran, juga hadir rombongan dari tim AIPJ (Australia Indonesia Partnership for Justice), dalam hal ini diwakili oleh Dr. H. Wahyu Widiana,M.A.,

penasehat AIPJ, yang pada tahun 2012 lalu telah meletakan jabatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI karena telah memasuki masa purnabhakti. Selain  Beliau, hadir pula Perwakilan Kepaniteraan Mahkamah Agung  RI, Perwakilan Direktorat Jenderal Badan Peradilan  Agama.

Kehadiran tim AIPJ pada hari ini, merupakan tindak lanjut dari kunjungan tim pada hari sebelumnya ke Pengadilan Agama Serang terkait tinjauan terhadap pelaksanaan Sidang Terpadu dengan penerapan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT). Ternyata aplikasi yang mempunyai keunggulan mempermudah cara kerja (proses bisnis) dari 3 (tiga) instansi terkait ini, dinilai dalam penggunaannya terlihat sangat mudah ,bermanfaat, mempercepat layanan dan sesuai dengan bisnis proses  dari ke 3(tiga) instansi. Aplikasi SIPT ini dalam pelaksanaannya memerlukan jaringan internet untuk menghubungkan perangkat dari satu instansi dengan perangkat instansi lainnya, namun sangat disayangkan untuk lokasi pelayanan terpadu kali ini tidak ada jaringan, sehingga masing-masing instansi masih menggunakan aplikasinya secara offline atau manual, namun hal tersebut tidak menghalangi untuk tetap melaksanakan pelayanan  terpadu, yaitu Penetapan Pengadilan Agama Serang, Buku Nikah dan Akta Kelahiran dapat diterbitkan pada hari  yang  sama.

Sidang Terpadu kali ini, terdiri dari 24 (dua puluh empat) perkara isbat nikah dan semua perkara setelah melewati proses  persidangan, dikabulkan seluruhnya oleh 3 (tiga) hakim tunggal. Acara berlangsung dengan tertib dan lancar. Sidang terpadu ini terselenggara atas kerjasama para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) Universitas Islam  Negeri  Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Pengadilan Agama Serang, dan instansi terkait lainnya.

 

Dalam kunjungan tersebut, disampaikan oleh salah seorang tim IT Kepaniteraan Badan Peradilan  Agama, Helmi Indra Wahyudin, dalam pengamatannya yaitu, Aplikasi SIPT  nampaknya pengunaannya sangat mudah, bermanfaat dan mempercepat layanan, aplikasi ini masih perlu disempurnakan dengan memasukan  template-template yang diperlukan oleh ke  3 (tiga) instansi. Walaupun aplikasi memerlukan jaringan  internet  untuk menghubungkan perangkat dari satu instansi ke instansi lainnya, namun untuk lokasi pelayanan terpadu yang tidak ada jaringan pun, aplikasi ini masih dapat dijalankan off line dengan cara menghubungankan kabel atau online  satu hari sebelum pelaksanaan di kantor masing-masing instansi, lalu pada hari pelaksanaannya, dengan system data offline.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) ini merupakan aplikasi yang digagas oleh Pengadilan Agama Serang  dan bagian dari Himpunan Aplikasi “SI JAWARA” yang sedang dikembangkan oleh PTA Banten. Setelah dipresentasikan dan menerima masukan, aplikasi ini masih memerlukan banyak penyempurnaan, penyesuaian data serta penambahan menu untuk kebutuhan laporan. Sharing antar para  admin  operator tiap  instansi  saat  ini  sedang  dilakukan  agar  kehandalan aplikasi SIPT ini dapat segera terealisasi dan dampaknya dapat terasa khususnya untuk para pelaksana Sidang Terpadu dan umumnya dapat memberI kontribusi positif untuk lembaga peradilan.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara ( sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi